9 alasan kuliah di turki

9 Alasan Kamu Harus Kuliah di Turki

Ini 9 Alasan Kamu Harus Kuliah di Turki

Jika selama ini kamu hanya mendengar tentang wisata ataupun traveling ke turki, kali ini kamu juga harus tahu bahwa kuliah di turki juga sangat menyenangkan dan berkualitas di kancah international. Siapa sangka bahwa 3 tahun belakangan kuliah di turki menjadi primadona para calon mahasiswa dari Indonesia maupun dunia, terutama untuk kuliah S1 di turki.

Bahkan baru-baru saja kantor berita di turki mengumumkan kini sudah ada sekitar 178 ribu mahasiswa asing yang kuliah di turki. Tersebar di 200+ lebih perguruan tinggi negeri maupun swasta di turki. Bahkan angka ini akan terus meningkat sesuai dengan target pemerintah turki yang ingin menjadikan turki rumah bagi 250 ribu mahasiswa asing pada 4 tahun mendatang.

Jika kamu belum pernah tahu tentang kuliah di turki, ulasan ini mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin kuliah ke luar negeri tapi masih belum menemukan negara tujuan kamu kuliah.

9 alasan kuliah di turki
9 alasan kenapa kuliah di turki

1. Kamu harus datang ke Turki

Di masa pandemi seperti ini, sangat minim sekali negara yang membuka pintu bagi mahasiswa asing yang ingin belajar ke luar negeri. Mayoritas negara akan menunda keberangkatan mahasiswa asing ke negaranya, dan meminta mahasiswa untuk mengikuti kuliah online dari rumah. Tapi tidak dengan turki, jika kamu kuliah di turki, kamu tetap wajib berangkat ke turki. Jadi kamu akan punya kesempatan menikmati keindahan negara turki. Namun satu hal yang pasti, yakni harus mengikuti prosedur protokol covid-19 yang ketat. Tapi tidak ada masalah, yang penting kamu sampai turki dulu, bener gak?

2. Biaya Kuliah di Turki yang terjangkau

Banyak yang mengira bahwa kuliah di luar negeri akan menghabiskan biaya yang cukup besar, tapi ternyata belum tentu. Di turki biaya pendidikan relatif terjangkau. Bukan hanya jurusan sosial saja, begitu juga untuk saintek dan kedokteran. Apa lagi kalau bisa dapat beasiswa pemerintah ataupun institusi. Kalau kamu bisa kuliah di kampus negeri, uang kuliah pun biasanya lebih murah.

3. Biaya hidup di turki yang murah

Di berbagai kota di Turki, estimasi biaya hidup mahasiswa adalah sekitar Rp 3 – 6 juta per bulan sudah termasuk biaya untuk sewa apartement, makan, transport, akomodasi, dan lainnya. Jumlah ini relatif lebih murah dibanding kuliah di negara lain, bahkan di Indonesia.

4. Pendidikan kelas eropa

Bagi yang belum tahu, turki terletak di antara dua benua, asia dan eropa, hal ini pula yang menjadikan turki negara istimewa, industri-industri di turki bertumbuh pesat karena dengan mudah membidik pasar eropa. Dalam bidang pendidikan, turki menggunakan kurikulum standar eropa dengan harga asia. Maka dari itu tak sedikit kampus-kampus di turki yang melesat cepat untuk menduduki peringkat di QS World university ranking, diantaranya Koç University, Sabanci University, Middle East Technical University. Turki memiliki sistem pendidikan yang setara dengan negara-negara Eropa lain, dengan staff pengajar berkualitas yang merupakan lulusan dalam dan luar negeri. Beberapa universitas bahkan menyediakan program dengan pengantar bahasa Inggris.

Seperti negara-negara Eropa lainnya, Turki memiliki universitas-universitas modern dengan fasilitas yang lengkap seperti sarana olah raga, gedung kebudayaan, perpustakaan, asrama, dan lain sebagainya.

5. Beasiswa Pemerintah dan Institusi

Bagi para scholarship hunter, beasiswa pemerintah turki mungkin sudah kenal lama. Ada banyak sekali calon mahasiswa asing terutama dari Indonesia yang meng-apply beasiswa pemerintah turki yang biasa dikenal dengan Presidency for Turks Abroad and Related Communities (YTB) dan Council of Higher Education (YOK) atau Turkiye Burslari Scholarship. Sejak meluncurkan program “Turkey Scholarships” pada 2010, YTB sudah menerima 42 ribu permohonan beasiswa dari seluruh dunia. Selain beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah, beberapa lembaga sosial juga memberikan perhatian kepada mahasiswa asing di Turki.

6. Negara yang Muslim Friendly

Jika kamu seorang muslim, Kuliah di turki pun bisa menjadi pilihan yang tepat, untuk bisa merasakan seperti kuliah di eropa namun muslim friendly. Turki berpenduduk 99% muslim. Warga sekitar sangat menghormati agama, bahkan kamu tidak akan kesulitan untuk mendapatkan masjid untuk menunaikan shalat.

7. Membangun Global Mindset

Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, tanamkan salah satu dari tujuanmu yakni untuk membangun pola pikir global. Dengan kuliah di Turki, kamu akan berbaur dengan mahasiswa asing dari berbagai negara. Suatu hal yang tidak di temui bila kuliah di dalam negeri. Pergaulan International ini akan memberikan pengalaman, menambah perbendaharaan bahasa, serta jejaring pertemanan dan bisnis yang akan berguna di kemudian hari. Letak strategis turki yang berada di dua benua membuat negara ini banyak menjadi rumah bagi mahasiswa asing dari seluruh dunia. Kesempatan kamu untuk membuka jaringan international-mu akan dengan mudah dengan kuliah di turki.

Tak hanya itu, di turki kamu juga punya kesempatan mencari tambahan uang juga terbuka. Banyak mahasiswa yang kerja part time di restoran, pertokoan, rumah sakit, ada pula yang memilih untuk buka usaha, dari mulai menjadi guide, usaha pariwisata, trading, dan lain sebagainya.

8. Kaya Sejarah dan Wisata

Bukan rahasia lagi kalau turki memiliki keindahan wisata yang kaya akan sejarah. Bahkan turki pernah menjadi simbol pusat kebangkitan islam dengan dibukanya konstantinopel pada tahun 1453H, Berjayanya kerajaan Ottoman, dan masih banyak lagi. kekayaan alam dan budayanya mampu menarik 50 juta wisatawan asing per tahun untuk datang ke turki. Bahkan disaat pandemi seperti ini, hanya turki yang membuka tour wisata, dengan protokol kesehatan yang ketat.

Letak Turki yang strategis memberikan nuansa dan pengalaman tersendiri bagi para pelajar yang kuliah di sana. Mudah bagi pelajar yang ingin jalan-jalan ke berbagai negara. Bagi mahasiswa muslim yang hendak umroh juga bisa berangkat ke Arab Saudi langsung dari Turki dengan biaya yang murah

9. Mudah Visa bagi WNI

Turki juga adalah negara yang mudah visa bagi Warga Negara Indonesia. WNI yang ingin berkunjung ke Turki cukup mengurus E-Visa dari internet atau Visa on Arrival, sehingga bagi keluarga ataupun orang tua yang ingin mengunjungi siswa sambil jalan-jalan bisa kapan saja, tanpa repot mengurusi izin visa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *